PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : STAI Miftahul Huda Al-Azhar Banjar
Kode Program Studi : 86232
Nama Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Tanggal Berdiri : 1 Mei 2003
SK Penyelenggaraan : 5221 Tahun 2017
Tanggal SK : 2017-09-25
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : Jl. Pesantren No.2 Citangkolo Desa Kujangsari Kecamatan Langensari
Kode Pos : 46324
Telepon : 0811-2702-709
Faximile :
Email : staima.kotabanjar@gmail.com
Website : staima-banjar.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi :

menjadi program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang humanis dan terdepan dalam mutu pada tahun 2025

Misi :
  1. melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi, penelitian, dan pengabdian yang mendukung pemenuhan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan secara professional.
  2. memberikan layanan dalam mengoptimalkan potensi diri dan berakhlak mulia.
Kompetensi Program Studi :

a. guru kelas madrasah ibtidaiyah (utama)

  1. menguasai teori belajar dan materi pendidikan madrasah ibtidaiyah
  2. menjadikan guru sebagai pendidik dan pembimbing dalam membina anak didiknya.
  3. menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  4. menjadikan guru sebagai administrator yang mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran dengan baik.
  5. memfasilitasi potensi anak didik untuk menembangkan bakat serta minat yang dimilikinya.
  6. memanfaatkan media interaktif untuk mencapai pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
  7. bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional indonesia.
  8. melaksanakan apa yang menjadi kode etik profesi keguruan.
  9. menghayati dan mengamalkan pancasila.
  10. menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu.
  11. menjadikan guru seperti orang tua yang dapat mengetahui permasalahan anak didiknya.
  12. menjadikan guru sebagai motivator yang mampu memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggungjawab.
  13. menggunakan variasi metode dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak didik dalam pembelajaran.

b. terampil dan kreatif (tambahan)

  1. menjadi pendidik madrasah ibtidaiyah yang cekatan dan memiliki semangat tinggi dalam melaksanakan pembelajaran dan pengelolaan kelas
  2. mengembangkan skill sehingga bisa memunculkan karya hand made untuk memberikan manfaat pada anak didik, lingkungan maupun masyarakat.

c. bantuan layanan konseling (tambahan)

  1. menguasai teori layanan konseling madrasah ibtidaiyah.
  2. mampu mempraktikkan konseling pendidikan di madrasah ibtidaiyah dengan baik.
  3. mampu mengembangkan potensi siswa dan membantu untuk mengatasi segala permasalahan pendidikan di tingkat mi.

d. peneliti bidang pendidikan dasar (tambahan)

  1. menguasai metode dan pengolahan data penelitian pendidikan dengan baik
  2. mengembangkan teori ilmu pengetahuan pada tingkat madrasah ibtidaiyah
  3. menghasilkan peneliti yang mampu memberikan solusi dalam berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SARTONO M.Pd.I S.Pd.I S2
2 SUGENG SUGIHARTO M.Pd S.Pd S2
3 ROHMAT WALUYO M.Pd S.Pd.I S2
4 MAHDI ZUHRI M.Pd S.Pd.I S2
5 MALIHATUL 'AZIZAH M.Pd.I S.Pd.I S2
6 DIAH PERMASIH M.Pd S.Pd S2
7 RISTIANI M.Pd S.Pd.I S2
8 ATRIKA ANGGRAENI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2021 52
2 Genap 2020 58
3 Ganjil 2020 58
4 Genap 2019 47
5 Ganjil 2019 47
6 Genap 2018 32
7 Ganjil 2018 32
8 Genap 2017 21
9 Ganjil 2017 21