PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Panca Marga
Kode Program Studi : 21201
Nama Program Studi : Teknik Mesin
Tanggal Berdiri : 9 September 1998
SK Penyelenggaraan : 813/D/T/2008
Tanggal SK : 2008-03-13
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : (0335)422715
Faximile : (0335)427923
Email : ft@upm.ac.id
Website : ft.upm.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi unggul, inovatif dan kreatif di bidang rekayasa permesinan dalam pemanfaatan sumberdaya alam lokal menuju kemandirian iptek pada tahun 2025
Misi : program studi teknik mesin mempunyai misi sesuai dengan amanat tri dharma perguruan tinggi, yaitu :
  1. menyelenggarakan pendidikan jenjang akademik dan profesional serta mengedepankan pembinaan suasana akademik
  2. menyelenggarakan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi sehingga mampu menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu rekayasa permesinan
  3. menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi pada standar kompetensi nasional yang dilandasi oleh budaya ilmiah yang professional, berbudi luhur dan berwawasan kebangsaan
  4. menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu dan teknologi dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal untuk menjawab permasalahan yang bertaraf nasional
  5. menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian
tujuan : 
tujuan diselenggarakannya program studi teknik mesin adalah:
  1. menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang teknik mesin. 
  2. menghasilkan penelitian yang berguna untuk pengembangan ilmu dan keahlian di bidang teknik mesin.
  3. turut serta memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan aktual yang ada dalam masyarakat.
Kompetensi Program Studi :
  1. mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks (complex engineering problem) pada sistem mekanika (mechanical system).
  2. mampu menemukan sumber masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanika (mechanical system) melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data, dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
  3. mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanika (mechanical system) serta komponen-komponen yang diperlukan.
  4. mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa di bidang sistem mekanika (mechanical system) dan komponen-komponen yang diperlukan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, lingkungan, dan konservasi energi.
  5. mampu merancang sistem mekanika (mechanical system) dan komponen-komponen yang diperlukan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan (environmental consideration).
  6. mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk merancang, membuat, dan memelihara sistem mekanika (mechanical system) serta komponen-komponen yang diperlukan.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 MUHAMMAD FATHUDDIN NOOR S.T S2
2 DJOKO WAHYUDI M.T S.T S2
3 AHLAN S.T S2
4 INDAH NOOR DWI KUSUMA DEWI M.Eng M.Eng M.Eng S.Si S2
5 DANI HARI TUNGGAL PRASETIYO M.T S.T S2
6 KURNIA ISWARDANI M.T S.T S2
7 ALIEF MUHAMMAD M.T S.T S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2020 102
2 Ganjil 2020 101
3 Genap 2019 110
4 Ganjil 2019 119
5 Genap 2018 141
6 Ganjil 2018 144
7 Genap 2017 140
8 Ganjil 2017 140
9 Genap 2016 134
10 Ganjil 2016 135
11 Genap 2015 126
12 Ganjil 2015 83
13 Genap 2014 108
14 Ganjil 2014 135
15 Genap 2013 102
16 Ganjil 2013 101
17 Genap 2012 80
18 Ganjil 2012 83
19 Genap 2011 68
20 Ganjil 2011 67
21 Genap 2010 50
22 Ganjil 2010 53
23 Genap 2009 68
24 Ganjil 2009 66